31 Desember 2008

Sayur asem oh sayur asem


Ibu pengen banget bisa masak sayur asem yang mantap . . . ! Setiap kali masak sayur asem, ada aja hal kecil yang kurang. Wah, kurang manis dikit lah, kurang asin dikit lah, agak pedes nih bu kata Retsi, atau kurang-kurang yang lainnya. Akhirnya, yang turun tangan untuk membetulkan ya tetap saja Eyang putrinya Retsi. Ya lumayan lah daripada yang kemarin-kemarin kata Bapak. Ibu hanya bisa senyum saja. Ya maklum deh jarang 'turun' ke dapur sih he he he. 'Jam terbang' masih kalah dengan Eyang putrinya Retsi.Tadi lihat di internet gambar sayur asem jadi menggoda selera nih untuk bikin lagi biar lebih banyak latihan he he he.
Aku lihat resepnya dari orang lain alias nyontek dan tanya Eyang putrinya Retsi he he he.

Bahan:
Nangka muda, Kacang panjang, Labu, Jagung manis, Daun melinjo,
Melinjo,
Kacang tanah rebus terpisah, 1 L air, 1-2 lembar daun salam, dan 1 cm lengkuas (kira-kira aja) geprek.
Bumbu halus:
3 bawang merah,
1 bawang putih, 4 kemiri yang telah disangrai, 1 buah tomat kecil, 1-2 cabe merah atau cabe hijau besar dan buang bijinya, terasi (seujung sendok kecil/sesuai selera), gula putih secukupnya, 1/2 sdm asem jawa dilarutkan dalam air, dan garam secukupnya.
Cara membuat:
Didihkan air, masukkan daun salam, lengkuas, dan bumbu halus.
Biarkan beberapa saat agar bumbu matang dan tercium harum. Kemudian, masukkan jagung, nangka dan labu. Masak sampai sayuran cukup matang. Lalu masukkan sayuran lainnya. Masak hingga semua matang dan bumbu meresap.

3 komentar:

  1. Yami-yami, duh membangkitkan selera banget. Yen Pak Bondan ngomonge 'Mak Nyus', aku ngomonge 'Mba Kapan Nggawane'. Hehe....ga ap jadi kelinci percobaan. Klo langsung sakit perut berarti esok hari ga masuk, tapi klo mak Nyos, mestine dimasake terus. Hehehe........

    BalasHapus
  2. lebih enak lagi kalo dimakan sama kerupuk
    iklan iklan baris

    BalasHapus