26 Februari 2009

Cerita lama

Fiuuh akhirnya bisa email an dan ketemuan via fesbuk setelah calling2 nih. Maaf ya bu, aku ndak tahu kalau kamu dah punya anak lagiii. Anaknya dah gede juga ya dah 6 bulan. Pastinya kamu paling cantik karena sebagian besar penghuninya adalah laki-laki. Suamimu udah pasti khan laki-laki dan kedua anakmu juga laki-laki. Wah nggak punya saingan nihhh. Kita duuluu itu satu kampus, satu kota tempat tinggal di Depok juga, satu sekolah dari SMP . . . Weleh-weleh dunia kok sempit bangettt yaa ketemuan terus nih. Tapi tak mengapa karena kita makin 'kenal' ya khan. Ibu Deasy Emalia nih anak Fisika di Undip dan waktu itu penghuni cewek Fisika hanya sekitar 8 orang saja dari 40 an mahasiswa. Untung si Ibu ini tetap feminim dan tidak terbawa arus 'kemachoan' laki-laki he he he he he.

Pak Sokrates dan anaknya, Dio

Pak Sokrates, His Brother, and Dio

Pak Sokrates dan Keluaraganya

Wah, nggak terasa ya ternyata Pak Sokrates dah berada Di Toronto, Canada sudah 2 tahunan lebih. Sepertinya sih mereka 'fine' aja. Terbukti khan fotonya memperlihatkan kalau mereka tuh menikmati apa yang dijalaninya saat ini . . . Senang juga ya bisa ketemuan lagi meskipun hanya lewat dunia maya aja . . . Dan senang banget kalau Pak Sokrates masih menyimpan foto-foto kita jaman duuluuu kala . . . Having nice day yaaa. Jangan lupakan teman-teman yang ada di Endonesia he he he he he

25 Februari 2009

Berhasil juga nih . . .

HUA HA HA HA HA Akhirnya, ibu berhasil juga mengapload foto ini ke blog. Lihat deh teman ibu yang satu ini . . . Sekarang nih rapiii bener pakaiannya . . . beda ya sewaktu kerja di pabrik buku. Ya iyalah khan sekarang dah mau jadi PNS Deplu . . . Ayoo siapa yang berminat silakan hubungi langsung ya. Eit namanya Mas Irman lhooo. Bagaimana? Lumayan khan?!?! He he he he

Maaf ya, ibu pejeng foto Mas Irman tanpa bilang-bilang dulu, he he he he biar agak dikenal githu . . .

24 Februari 2009

We Love You, Retsi

There is so much I've tried to teach you
in these years that you have grown,
and so much more I cannot show you
that you will learn all on your own.

It's been said that life's a dance
that you learn more day by day . . .
so I want to share some of the steps
that I've picked up along the way . . .

The first piece of advice I'll give you
is the most important thing I've learned;
you shouldn't take things too seriously
as each page of your life is turned.

Learn to laugh at yourself,
and enjoy the laughter of your friends.
Find humor in things that offend you
to ensure that laughter never ends.

Do not believe in first impressions,
for things aren't always as they seem.
Sometimes the very smallest player
is the best one on the team.

Always do what you feel is right;
to your own self, you must be true.
Remember you have to live with tomorrow
whatever today, you choose to do.

Always be ready and willing
to lend a hand where help is needed.
Try to remember to treat other people
as you, yourself, would like to be treated.

Continue to further your education
although life's lessons never cease...
Knowledge provides independence.
Independence will provide you with peace.

Always plan a route to your destination,
but don't be afraid to go off course.
Sometimes life's surprises are gradual;
sometimes they come with powerful force.

Learn to humbly accept life's changes
and know that nothing stays the same.
Accept responsibility for your actions,
and don't be reluctant to take the blame.

Do your best not to criticize others;
we all have failings and faults that occur
because no one has been born to perfection,
though you'll meet those who think they were.

And you are never too old for manners,
so always remember to include
the "pleases" and the "thank yous"
that help express your gratitude.

Have understanding for those less fortunate;
find ways to help and do your part.
Stay focused on the compassion
that you'll find deep within your heart.

Don't get so busy and hurried
that, with little things, you're disenchanted.
Take time to count your blessings,
and do not take them all for granted.

Cherish and respect your elders.
Listen to stories from where they came
and make them proud that you are one
who carries their family name.

And stay close to your family;
don't let time or distance come between
responsibilities create separations
that very seldom are foreseen.

Thank veterans and be proud of your country.
They are the reason you live unafraid.
The freedoms and rights that you possess
are from the sacrifices they made.

Give 100% of your efforts,
to whatever task you do each day.
Working hard will get you ahead...
but still make time to rest and play.

Be careful what you choose to do
in the name of having fun.
Don't try things that cloud your judgement
and make you regret the things you've done.

Don't dwell on mistakes made yesterday
Learn from each error and blunder.
If you are caught in the middle of a storm,
next time...take note of the thunder.

Don't become obsessed with money.
It's not the secret to "living well."
Do not measure wealth by what you have
but by what you have, and would not sell.

Try not to grow up too fast;
learn to cherish each childhood year,
for it seems before you know it...
they somehow silently disappear.

I hope you'll someday benefit
from the guidance these words may bring,
but you'll know you have someone in your life
who loves you more than anything!

Love, Ibu and Bapak

Maaf ya internetnya lambrrreeeettaaa nih jadi gambarnya retsi belum bisa dimasukkin yaaaa

Disadur dengan perubahan dari www.thelaboroflove.com

23 Februari 2009

My Little Angel

The days were so special when I realized.

The feelings I had, I was hypnotized.
The coming of little angel of love.
I knew too well, she was sent from above.

How little she was, when she first arrived.
The feelings of happiness, I'm surely surprised.
I glanced in her eyes, as she gazed into mine.
The little angel of hope, God gave me a sign.

Now time is passing day by day.
My little angel from God are growing up I'd say.
Soon it will come to the point of anew.
When she found her a love and bade me adieu.

I know I will dread, the day when her grown.
My little angel will leave me to walk alone.

disadur dengan perubahan dari www.thelaboroflove.com

Telaga Sarangan

Foto dulu sebelum naik speedboat di Telaga Sarangan

Di atas speedboat, pengalaman yang seru

Brrreeeerrrrr dingin nih

Bbbrreeerrrr dingin nih, wong lagi musim dingin sih ya jelas aja dingin

Duet ibu dan anak yang sedang seneng banget main salju. Aduh aku jadi pengen banget nih. Kapan yaaa?

20 Februari 2009

For You, Daddy

Ini cuplikan lirik lagu yang diambil dari lagu 'Daddy' by Beyonce khusus untuk My lovely Father. Welcome Home and don't do it again, oke . . . Because We love You.

I remember when you use to take me on a
Bike ride everyday on the bayou (You remember that? We were inseparable)
And I remember when you could do no wrong
You'd come home from work and I jumped in your arms when I saw you
I was so happy to see you (I was so excited, so happy to see you)

Because you loved me I overcome
And I'm so proud of what you've become
You've given me such security
No matter what mistakes I know you're there for me
You cure my disappointments and you heal my pain
You understood my fears and you protected me
Treasure every irreplaceable memory and that's why…

I want my unborn son to be like my daddy
I want my husband to be like my daddy
There is no one else like my daddy
And I thank you for loving me

I still remember the expression on your face
When you found out I'd been on a date and had a boyfriend (My first boyfriend, you should have seen your face)
I still remember I called you crying cause of my tattoo
Could have said Beyonce I told you so
Instead you said you'd get one too (Even my mama said y'all get one just like mine)

Words can't express my boundless gratitude for you
I appreciate what you do
You've given me such security
No matter what mistakes I know you're there for me
You cure my disappointments and you heal my pain
You understand my fears and you protected me
Treasure every extraordinary memory and that's why…

I want my unborn son to be like my daddy
I want my husband to be like my daddy
There is no one else like my daddy
And I thank you for loving me

Even if my man broke my heart today
No matter how much pain I'm in I will be okay
Cause I got a man in my life that can't be replaced
For this love is unconditional it won't go away
I know I'm lucky
Know it ain't easy
For men who take care of their responsibilities
Love is overwhelming
Lord why did you pick me
Can't stop my tears from falling
I love you so much daddy

(Thank you, you've done so much for me. I love you daddy.)

I get so emotional daddy, every time I think of you
I get so emotional daddy, every time I think of you
There is no one else like my daddy
No one else replace my daddy...

My favourite song

THE POWER OF LOVE (By Celine Dion)

The whispers in the morning
Of lovers sleeping tight
Are rolling like thunder now
As I look in your eyes

I hold on to your body
And feel each move you make
Your voice is warm and tender
A love that I could not forsake

(First chorus)
'Cause I am your lady
And you are my man
Whenever you reach for me
I'll do all that I can

Lost is how I'm feeling lying in your arms
When the world outside's too
Much to take
That all ends when I'm with you

Even though there may be times
It seems I'm far away
Never wonder where I am
'Cause I am always by your side

(Repeat first chorus)

(Second chorus)
We're heading for something
Somewhere I've never been
Sometimes I am frightened
But I'm ready to learn
Of the power of love

The sound of your heart beating
Made it clear
Suddenly the feeling that I can't go on
Is light years away

(Repeat first chorus)

(Repeat second chorus)

Pasangan yang kompak

Foto di dekat kampus nih

Foto di sekitar Opera House di Australia . . .

Nah, ini satu lagi temen ibu yang rajin bangggeeeettt menuntut ilmu. Setelah menyelesaikan S2 di ITB Bandung, ia berangkat ke Australia untuk menyelesaikan S2 lagi dengan jurusan yang hampir berhubungan dengan keilmuannya, yaitu keteknikan. Katanya sih mumpung ada beasiswa yang mau bayarin sekolahnya. Weleh-weleh nih orang rajin banget ya. Salut deh untuk mereka berdua yang sudah menjadi dosen dan sudah punya anak dua. Mereka memang pasangan 'duet maut' yang kompak . . . Salut juga deh, mereka tidak menggunakan jasa 'pembantu atau nanny' untuk mengasuh anak2nya selama di luar negeri. Semuanya ditangani sendiri. Memang harus dicoba nih 'manajemennya'. Ya, ibu juga 'belajar' dari mereka tentang 'memanajemenin' rumah dan anak dengan tidak bergantung terus pada orang lain.

18 Februari 2009

'Wajah' Undip dulu dan sekarang

Beda banget khan dengan Undip yang sekarang, lebih baaguuss.

Nah ini waktu Undip masih sepi, gersang, masih banyak sawah, banyak sapi, dan banyak kambing. Pastinya sih, kemana-mana ya jalan kaki . . . Caapeekkk deh.

My Heart Will Go On From OST Movie 'Titanic'

Every night in my dreams
I see you, I feel you,
That is how I know you go on

Far across the distance
And spaces between us
You have come to show you go on

Near, far, wherever you are
I believe that the heart does go on
Once more you open the door
And you're here in my heart
And my heart will go on and on

Love can touch us one time
And last for a lifetime
And never let go till we're one

Love was when I loved you
One true time I hold to
In my life we'll always go on

Near, far, wherever you are
I believe that the heart does go on
Once more you open the door
And you're here in my heart
And my heart will go on and on

There is some love that will not go away

You're here, there's nothing I fear,
And I know that my heart will go on
We'll stay forever this way
You are safe in my heart
And my heart will go on and on

OST Movie Song 'Madagascar 2'

I Like To Move It Move It
I Like To Move It Move It
I Like To Move It Move It
Ya Like To (MOVE IT!)

All Girls All Over The World
Original King Julian Pon Ya Case Man!
I Love How All The Girls A Move Their Body
And When Ya Move Ya Body
Uno Move It
Nice And Sweet And Sexy Alright!
Woman Ya Cute And You Don’t Need No Make-Up
Original Cute Body You A Mek Man Mud Up
Woman Ya Cute And You Don’t Need No Make-Up
Original Cute Body You A Mek Man Mud Up
Woman! Physically Fit
Physically Fit
Woman! Physically Fit
Physically Fit

Woman! Ya nice
Sweet Fantastic
Big Ship Pon De Ocean That A Big Titanic
Woman! Ya Nice Sweet Energetic
Big Ship Pon De Ocean That A Big Titanic
Woman! Ya nice
Sweet Fantastic
Big Ship Pon De Ocean That A Big Titanic
Woman! Ya nice
Sweet Fantastic
Big Ship Pon De Ocean That A Big Titanic
Woman Ya Cute And You Don’t Need No Make-Up
Original Cute Body You A Mek Man Mud Up
Woman Ya Cute And You Don’t Need No Make-Up
Original Cute Body You A Mek Man Mud Up
Eyeliner – Pon Ya Face
A Mek Man Mud Up
Nose Powder – Pon Ya Face
A Mek Man Mud Up
Pluck Ya Eyebrow
Pon Ya
Pon Ya Face A Mek Man Mud Up

Gal Ya Lipstick
Pon Ya Face A Mek Man Mud Up
Woman Ya Nice Broad Face
And Ya Nice Hip Make Man
Flip And Bust Them Lip
Woman Ya Nice And Energetic
Big Ship Pon De Ocean That A Big Titanic
Woman! Ya Nice
Broad Face
And Ya Nice Hip
Make Man Flip And Bust Them Lip
Big Ship Pon De Ocean That A Big Titanic – WOAH!












17 Februari 2009

Perempuan dan jantung . . . (Angina Pektoris)

Angina Pektoris
Angina (angina pektoris) merupakan nyeri dada sementara atau suatu perasaan tertekan, yang terjadi jika otot jantung mengalami kekurangan oksigen akibat pembuluh darah yang menyempit. Angina terjadi bila penyumbatan blok telah mencapai 70 persen atau lebih. Biasanya penyumbatan disebabkan oleh lemak.

Kebutuhan jantung akan oksigen ditentukan oleh beratnya kerja jantung (kecepatan dan kekuatan denyut jantung). Aktivitas fisik dan emosi menyebabkan jantung bekerja lebih berat dan karena itu menyebabkan meningkatnya kebutuhan jantung akan oksigen.

Jika arteri menyempit atau tersumbat sehingga aliran darah ke otot tidak dapat memenuhi kebutuhan jantung akan oksigen, maka bisa terjadi iskemia dan menyebabkan nyeri.

Angina dapat terjadi di saat :

  • Latihan atau Olahraga
  • Setelah makan
  • Stress atau emosi yang berlebihan
Angina bisa saja datang secara tiba-tiba ketika anda sedang menaiki tangga atau sedang bersih-bersih.Sakit yang ditimbulkan juga berbeda-beda,bisa terasa sangat keras atau hanya sakit ringan saja seperti sakit di leher atau di tangan selain di dada tentunya.Jika gejala nya hanya ringan anda mungkin bisa menghilangkannya dengan beristirahat sebentar.Tapi anda akan pengobatan bila rasa sakitnya tak tertahankan lagi.Obat yang biasanya dipakai untuk meredakan angina adalah Nitrogliserin.

Langkah berikut, mungkin dapat dijadikan pedoman untuk meredakan serangan angina(nyeri dada);
  • Sebelum minum obat, sebaiknya anda duduk - karena obat ini bisa menimbulkan pusing atau kepala terasa ringan.Biarkan tablet Nitrogliserin larut dengan komplit di bawah lidah, jangan langsung menelan tablet ini.Jika anda menggunakan semprotan Nitrogliserin, semprotkan sekali sekali kebagian dalam pipi atau seperti anjuran dokter.
  • Jika nyeri dada masih berlangsung setelah lima menit, minumlah tablet atau semprotkan Nitrogliserin lagi.
  • Jika nyeri masih terasa berlangsung setelah lima menit kedua ini, minumlah Nitrogliserin yang ketiga kali.ingat untuk selalu membiarkan tablet tersebut larut dengan komplit.
  • Jika setalah tiga dosis Nitrogliserin atau lebih 15 menit, biasanya nyeri dada sudah mereda.Jika masih terus berlangsung, curigai jangan jangan anda mengalami serangan jantung , segera ke Dokter.

Apakan angina dan serangan jantung sama??

Hampir mirip,tetapijawabannya tidak,yang membedakan hanya tingkatannya saja.Angina disebabkan oleh “penyempitan” arteri koroner yang menyebabkan berkurangnya aliran darah ke jantung. Sedangkan serangan jantung disebabkan oleh “tersumbatnya” pembuluh darah,serangan jantung dapat menyebabkan kerusakan pada otot jantung,sedangkan angina tidak

Ayo, sayangi jantung kita

Anatomi jantung
Ada sms yang bunyinya 'bapak di harapan kita' dengan nomor yang tidak terdaftar pada phonebook. Telpon dong ke kantor Pak Rusli karena dia belum pulang selama seminggu healah alamakjan . . .
Telpon diterima langsung oleh Pak Rusli, ehm kebetulan banget ya karena biasanya susah untuk dihubungi.
Ibu: 'Ada sms nih katanya Eyang kung di rumah sakit harapan kita'.
Pak Rusli: 'Aku tadi dah telepon. Memang iya di sana. Nanti siang aku ke sana. Tak kabari lagi deh kalau dah di sana'.
Ibu: 'Kira2 jam berapa berangkat?'
Pak Rusli: 'Makan siang nanti. Ibu bisa ajukan cuti buat senin bisa ndak?'
Ibu: 'Ya, dicoba dulu. Nanti kabari ya via sms aja boleh'.
Hoooppplah, urusan surat cuti tidak rumit. Si Boss langsung oke aja dan everything is ok. Alhamdulillah, ternyata jalannya lancar, khan niatnya baik.
Jam 2 siang sms Pak rusli lagi. Tidak ada balasan. Telepon ke beberapa orang tidak ada yang angkat. Mulai dag dig dug nih, ada apa? Tanya ke rumah juga belum dapat kabar terbaru. Akhirnya dapat sms dari Pak Rusli jam 4. Katanya semua udah ditangani, ada di kantor lagi. Telepon aja ya.
Telepon lagi ke kantor. Susunan rencana Pak Rusli yang padat merayap harus diubah. Koordinasi dulu dengan teman2 kantornya dan tentu saja Si Boss karena Ia akan cuti juga.
Sekali lagi everything is ok. Alhamdulillah semuanya berjalan sesuai keinginan.
Dalam perjalanan pulang ke rumah dari pasar rebo, Pak Rusli bilang Ia akan ke rumah sakit malam ini dengan Dedi (sepupu Ibu, anak mahasiswa Atma Jaya Jakarta). Dedi yang akan menyopir mobilnya karena Pak Rusli udah capek banget setelah semalaman tidak tidur . . . maklum ya beginilah kalau kerja jadi 'kuli' he he he he. Eyang kakung tuh sakit jantung. Jantungnya bengkak. Healah memangnya makan apa atau kenapa bisa bengkak lagi? Masih harus dicari nih penyebabnya. Untuk itu, baca artikel dari Yayasan Jantung Indonesia, ya di bawah ini.

Jantung kita adalah organ yang paling mengagumkan.Tanpa henti memompa oksigen dan nutrisi melaui darah ke seluruh tubuh.Jantung kita berdetak 100 ribu kali per hari atau memompa sekitar 2000 galon per hari.

Ketika berdetak, jantung memompa darah melaui pembuluh-pembuluh darah ke seluruh tubuh. Pembuluh-pembuluh ini sangat elastis dan bisa membawa darah ke setiap ujung organ tubuh kita.

Darah sangat penting karena berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru dan nutrisi ke setiap jaringan tubuh, juga membawa sisa-sisa seperti karbon dioksida keluar dari jaringan-jaringan tubuh

Ada tiga tipe pembuluh darah :

  • Pembuluh arteri : fungsinya mengangkut oksigen melalui darah dari jantung ke seluruh jaringan tubuh, akan semakin mengecil ketika darah melewati pembuluh menuju organ lainnya.
  • Pembuluh kapiler : bentuknya kecil dan tipis, menghubungkan pembuluh arteri dan pembuluh vena. Lapisan dindingnya yang tipis memudahkan untuk dilewati oleh oksigen, nutrisi, karbon dioksida serta bahan sisa lainnya dari dan ke organ sel lainnya.
  • Pembuluh vena : fungsinya menyalurkan aliran darah yang berisi bahan sisa kembali ke jantung jantung untuk dipecahkan dan dikeluarkan dari tubuh. Pembuluh vena semakin membesar ketika mendekati jantung. Bagian atas vena (superior) membawa darah dari tangan dan kepala menuju jantung, sedangkan bagian bawah vena (inferior) membawa darah dari bagian perut dan kaki menuju jantung.

Jaringan pembuluh-pembuluh darah ini sangat luas, jika dibentangkan panjangnya bisa mencapai lebih dari 60 ribu mil.Cukup untuk mengelilingi bumi lebih kali 2 kali !

Jantung kita terletak di sebelah kiri bagian dada, di antara paru-paru, tersarung oleh tulang rusuk. Bagian luaranya terdiri dari otot-otot. Otot-otot tersebut saling berkontraksi dan memompa darah melulai pembuluh arteri. Bagian dalam terdiri dari 4 buah bilik. Dibagi menjadi 2 bagian yaitu bagian kanan dan kiri yang dipisahkan oleh dinding otot yang disebut septum. Bagian kanan dan kiri dibagi lagi menjadi 2 bilik atas yang disebut dengan atria dan dua bilik bawah yang disebut dengan ventricle, yang memompa darah menuju arteri.

Atria dan verticle bekerja secara bersamaan,menyebabkan kontraksi dan relaksasi untuk memompa darah keluar dari jantung. Darah yang keluar dari bilik akan melewati sebuah katup. Terdapat 4 buah katup di dalam jantung. Yaitu mitral, tricuspid, aortic, dan pulmonic (sering juga disebut dengan pulmonary).

Katup-katup ini berfungsi untuk mengatur jalannya aliran darah menuju ke arah yang benar. Tiap katup mempunyai penututup yang disebut leaflets atau cusps. Katup mitral mempunyai 2 buah leaflets , yang lainnya memiliki 3 buah leaflets.

Bagian kanan dan kiri jantung bekerja secara bersamaan membuat suatu pola yang bersambung secara terus menerus yang membuat darah akan terus mengalir menuju jantung paru-paru dan bagian tubuh lainnya.

Bagian kanan :

  • Darah memasuki jantung melalui 2 bagian pembuluh vena inferior dan superior yang membawa oksigen kosong dari tubuh menuju ke bagian kanan atrium.
  • Ketika atrium berkontraksi,darah mengalir dari bagian kanan atrium menuju bagian kanan ventricle melalui katup tricuspid.
  • Ketika ventricle penuh,maka katup triscupid akan menutup untuk mencegah darah mengalir kembali ke bagian atria ketika ventricle berkontraksi.
  • Ketika ventricle berkontraksi,darah akan mengalir keluar melalui katup pulmonic menuju arteri dan paru-paru yang mana pada bagian ini darah akan mendapatkan oksigen.

Bagian kiri :

  • Bagian vena pulmonary akan mengosongkan darah yang telah mengandungoksigen dari paru-paru menuju ke bagian kiri atrium
  • Ketika atrium berkontraksi, darah akan mengalir menuju bagian venricle sebelah kiri melalui katup mitral.
  • Ketika venricle penuh maka katup mitral akan tertutup untuk mencegah darah menggalir kembali ke atrium ketika ventricle berkontraksi.
  • Ketika ventricle berkontraksi maka darah akan meninggalkan jantung melalui katup aortic menuju ke seluruh rubuh
Penyakit jantung adalah penyakit yang mengganggu sistem pembuluh darah atau lebih tepatnya menyerang jantung dan urat-urat darah, beberapa contoh pentakit jantung seperti penyakit jantung koroner, serangan jantung, tekanan darah tinggi, stroke, sakit di dada (biasa disebut "angina") dan penyakit jantung rematik.

Penyakit jantung koroner merupakan yang paling tertinggi yang di derita orang-orang. Penyakit ini menyerang pembuluh darah dan dapat menyebabkan serangan jantung. Serangan jantung dikarenakan pembuluh arteri yang tersumbat, yang menghambat penyaluran oksigen dan nutrisi ke jantung. Stroke disebabkan oleh kurangnya aliran darah yang mengalir ke otak, atau terkadang menyebabkan pendarahan di otak.

Namun tidak semua penyakit jantung disebabakan oleh terserangnya pembuluh darah, berikut ini adalah beberapa gangguan lain pada jantung :

  • Abnormal Heart Rhythms
    Normalnya jantung berdetak 60 sampai 100 kali tiap menit (atau sekiar 100 ribu kali setiap harinya). Jantung yang bedetak tidak normal biasanya disebut arryhytmia (sering juga disebut dysrhythmia). Jantung yang berdetak terlalu lambat (dibawah 60 kali per menit) disebut bradyarrhythmias. Sedankan yang berdetak di atas 100 per menit disebut tachyarrhytmias.
  • Heart Failure
    Atau gagal jantung merupakan yang paling menakutkan. Bukan berarti jantung tidak dapat bekerja sama sekali, hanya saja jantung tidak berdetak sebagaimana mestinya
  • Heart Valve Disease
    Rusaknya katup jantung. Katup jantung terdapat pada setiap bilik jantung (jantung kita memiliki 4 buah bilik) yang berfungsi mengatur aliran darah searah menuju jantung.
  • Congenitas Heart Disease
    Atau biasa disebut kelainan pada jantung. Menyerang 8 sampai 10 anak dari tiap 1000 kelahiran. Gejala awal biasanya terldeteksi saat kelahiran atau pada masa kanak-kanak. Di Amerika sekitar 500 ribu orang mengalami kelainan jantung pada masa pertumbuhannya dan bertambah sektar 20 ribu orangtiap tahunnya.
  • Cardiomyopathies
    Menyerang pada otot jantung itu sendiri. Orang -orang yang terserang penyakit ini biasanya mengalamai pembesaran, pengecilan jantung secara tidak normal dan atau bahkan menjadi kaku. Menyebabkan jantung memompa secara tidak normal (menjadi lebih lemah). Tanpa penanganan yang baik cardiomyopathies akan menyebabakan penyakit yang lebih buruk seperti gagal jantung atau menyebabkan jantung berdetak tidak normal.
  • Pericarditis
    Adalah radang yang mengelilingi lapisan jantung. Jarang terjadi, biasanya disebabkan oleh infeksi.

Ada banyak faktor yang menyebabkab kerentanan terhadap penyakit jantung. Faktor utama adalah masalah gaya hidup yang menyebabkan seolah membangun penyakit di dalam tubuh. Tapi ada beberapa faktor yang memang tidak dapat diubah, seperti bertambahnya umur atau faktor keturunan.

13 Februari 2009

Say 'I L U' and 'berpelukan'

Say 'I Love You'
Tiga kata sederhana ini memiliki arti sangat dalam, kuat, dan dahsyat. ‘I Love You', bukan hanya kata-kata yang digunakan untuk menyatakan hasrat cinta antarpasangan saja. Tetapi juga, tanpa disadari, mungkin Anda sering merasa malu dan enggan untuk menyatakan kata-kata dasyat ini untuk anggota keluarga Anda. Entah itu orangtua, suami, kakak, adik, atau anak tercinta.

Banyak orang menganggap perbuatan lebih penting dari pada sekadar kata-kata. Memang tidaklah salah. Tetapi, akan jauh lebih lengkap bila Anda juga membiasakan Si Kecil untuk mengucapkan kalimat ‘I Love You' atau ‘Aku sayang Ibu'. Dengan demikian, Si Kecil akan merasa selalu dicintai oleh Anda. Dan disertai pelukan, kecupan, dan tatapan tulus untuk memberi tanda bahwa Anda sangat mengasihinya.

Jika Anda pernah menemani Si Kecil menonton acara anak berjudul Teletubies, Anda akan sering melihat dan mendengar para anggota Teletubies ini melakukan adegan berpelukan sambil mengucap kata, "Berpeluuukkaannn". Nah, apakah Anda sering melakukannya dengan Si Kecil?

Bila jarang atau sama sekali tidak pernah, inilah saatnya bagi Anda untuk memulai kebiasaan berpelukan seperti Teletubies. Sempatkan waktu untuk saling berpelukan mesra dengan Si Kecil. Katakan padanya bahwa Ia sangat dicintai.

Berpelukan juga merupakan obat mujarab untuk menghilangkan segala kegundahan dan kegalauan yang dialami Si Kecil. Dengan memeluknya erat, Anda sebagai ibu dan orang tua, secara tak langsung telah mengatakan, Anda mengasihinya dan siap mendengarkan segala kisah suka dan duka yang dialami oleh Si Kecil.

Disadur dengan perubahan dari www.tabloidnova.com

Happy Wedding Anniversary

Happy Wedding Anniversary ya tanggal 14 Februari buat Eyang kakung dan Eyang Putri. Semoga . . . cinta itu tetap ada dan tidak pernah hilang . . . .
Kami semua sayang banget dengan kalian.

09 Februari 2009

Baso bakwan

Ingin makan baso bakwan pas hujan-hujan? Gampang deh. Tungguin aja abang baso yang lewat depan rumah, panggil, dan pesan deh. Eit . . . kalau sudah selesai makan, jangan lupaaaa yaaa bayar lho he he he he . . .
Nih gambar baso bakwan hasil comotan dari internet he he he he . . . Eunak tenan . . .

Masak soto nih

Hari sabtu lalu, ibu masak soto ayam dengan kuah bening. Katanya eyang sih bumbunya sederhana dan caranya mudah. Ternyata, masaknya harus telaten ya . . .
Nih resepnya . . .


  • 1 Ekor ayam (dicuci bersih, bagi menjadi 2, yaitu untuk digoreng dan direbus bersama dengan air (perbandingannya 2:1 deh). Ayam yang digoreng direndam dalam air garam dulu selama 5 - 10 menit agar sedikit gurih dan ayam yang direbus bersama air ya langsung masukin aja ke dalam panci berisi air
  • Kubis secukupnya diiris tipis-tipis dan kecil-kecil
  • 4 Buah kentang (kupas, iris dadu tipis-tipis, dan goreng)
  • soun (rendam dalam air panas)
  • Telur rebus sesuai selera dan kupas kulitnya ya
  • 2 L air
  • Bawang goreng jika ada

Bumbu yang dihaluskan:

Cara membuat:

  • Tumis bumbu yang dihaluskan dengan api kecil hingga harum.
  • Rebus ayam di dalam panci bersama dengan bumbu yang sudah ditumis, lengkuas, daun jeruk, daun salam, dan daun serai selama kurang lebih 30 menit sampai daging ayam menjadi empuk.
  • Bila kuah masih kurang enak boleh ditambah garam atau merica secukupnya.
  • Masukkan irisan daun bawang.
  • Kuah perlu dididihkan kembali sebelum dihidangkan.

Cara menghidangkan:

  • Di dalam mangkuk letakkan kol, soun, irisan kentang yang digoreng, telur rebus, dan suwiran daging ayam yang digoreng, dan boleh ditambahkan dengan suwiran daging ayam yang direbus.
  • Siram kuah soto yang mendidih ke dalam mangkuk yang telah diisi oleh bahan-bahan soto.
  • Tambahkan bawang goreng dan sajikan hangat. Dapat disantap dengan nasi.
Semua bumbunya dikira-kira aja ya dan dimodifikasi aja biar rasanya sesuai selera . . . semoga berhasil deh . . .
Soto yang dimasak ibu sih rasanya standar aja yang penting tidak ada komentar aneh-aneh dari pelanggan setia (bapak dan Retsi) he he he he . . .

03 Februari 2009

Migren Oh Migren

Apakah sakit kepala migren itu?

Sakit kepala migren merupakan salah satu bentuk sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan pembuluh darah. Sakit kepala migren disebabkan oleh terjadinya suatu kombinasi antara vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) dan dilepaskannya suatu zat kimia dari serat - serat saraf yang menyelimuti pembuluh darah tersebut. Saat migren menyerang, arteri temporal (arteri yang berjalan disekitar pelipis) akan melebar. Pelebaran ini akan menyebabkan terjadinya peregangan pada serat saraf disekitar arteri sehingga merangsang serat saraf ini melepaskan zat kimia. Zat ini akan menyebabkan terjadinya peradangan, dan rasa sakit yang luar biasa.

Serangan migren umumnya akan mengaktifkan saraf simpatis. Yang dimaksud dengan saraf simpatis adalah saraf yang menjadi bagian dari sistem saraf manusia yang bertugas untuk mengendalikan respon tubuh terhadap stress dan nyeri. Peningkatan aktifitas saraf simpatis pada usus akan menyebabkan rasa mual, muntah dan diare. Aktifitas simpatis juga akan menyebabkan lambatnya pengosongan lambung yang mengakibatkan penyaluran obat ke usus halus untuk diserap juga akan terhambat. Hambatan penyerapan obat inilah yang menjadi masalah bagi penderita migren bila diberikan obat secara oral. Peningkatan aktifitas simpatis juga akan menurunkan aliran darah sehingga kulit akan tampak pucat dan dingin. Peningkatan aktifitas saraf ini juga akan menyebabkan terjadinya peningkatan sensitifitas terhadap cahaya dan suara.

Apa saja gejala migren?

Migren merupakan suatu kondisi yang khronis dan kumat kumatan. Sebagian besar serangan migren juga disertai dengan sakit kepala yang lain. Sakit kepala migren sering digambarkan sebagai sebuah sakit kepala yang hebat, berdenyut dan menyerang kepala pada satu sisi. Kadang kadang sakit dirasakan di dahi, sekitar mata dan dibelakang kepala sehingga mengaburkan gejala dengan sakit kepala yang lain. Walau sebagian besar migren menyerang pada satu sisi kepala, namun sering juga dijumpai gejala migren pada kedua sisi kepala. Sisi kepala yang terserang migren pun sering bergantian pada setiap kali serangan. Hati hati bila sisi kepala yang terserang selalu sama, kemungkinan lain adalah terjadinya suatu tumor otak. Penderita migren sering tersiksa dalam melakukan aktifitas sehari hari terutama saat serangan terjadi. Gejala lain yang menyertai migren antara lain, mual, muntah, diare, wajah pucat, kaki tangan dingin, serta penderita akan sensitif terhadap cahaya dan suara. Akibat terjadinya peningkatan sensitifitas terhadap cahaya dan suara maka penderita migren harus berbaring di ruangan yang sepi dan gelap. Serangan migren biasanya akan mereda dalam 4 sampai 72 jam.

Sekitar 40%-60% dari serangan migren akan diawali oleh apa yang dinamakan gejala pendahuluan. Gejala ini antara lain berupa gangguan tidur, gelisah, kelelahan, depresi, keinginan untuk menyantap makanan manis dan asin. Gejala awal ini biasanya sudah bisa dipahami oleh keluarga penderita sebagai suatu gejala pendahuluan sebelum terjadinya serangan migren.

Sekitar 20% dari serangan migren akan disertai dengan aura. Biasanya aura ini akan muncul mendahului sakit kepala, namun tidak sedikit pula yang munculnya bersamaan dengan sakit kepala. Aura yang paling sering muncul adalah 1) Munculnya cahaya berwarna yang berkedip membentuk pola zigzag yang muncul mulai dari tengah tengah lapang pandang yang selanjutnya mengarah ke bagian luar. 2) Sebuah lubang (scotoma) pada lapang pandang, yang sering juga disebut bintik buta. Beberapa orang yang sudah sangat sering terserang migren, hanya akan merasakan munculnya aura tanpa terserang sakit kepala. Aura - aura yang lain, rasa seperti tertusuk ujung jarum pada tangan dan sekitar mulut, halusinasi suara, dan rasa kecap/bau yang berkurang.

Komplikasi migren biasanya disertai oleh gangguan saraf. Bagian tubuh yang terkena gangguan saraf akan menggambarkan bagian otak yang bertanggung jawab terhadap munculnya migren. Sekitar 24 jam setelah serangan migren, pasien akan merasakan kehabisan tenaga dan masih merasakan sakit kepala dalam derajat ringan.

Bagaimana mendiagnosa migren?

Sakit kepala migren biasanya didiagnosa berdasarkan atas gejala seperti yang telah dibahas sebelumnya. Gejala migren sudah mulai dirasakan pasien sejak masa kanak kanak berlanjut hingga dewasa. Migren yang baru muncul pada usia diatas 50 tahun, dapat dipikirkan sebagai suatu kelainan lain sehingga memerlukan pemeriksaan lebih seksama. Pada beberapa kasus ditemukan ada hubungan antara migren dengan faktor keturunan.

Pasien dengan keluhan sakit kepala yang luar biasa untuk pertama kalinya, disertai dengan gangguan saraf seperti gangguan pendengaran dan penglihatan, maka pada pasien tersebut perlu dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah lengkap, CT Scan dan analisa cairan spinal.

Bagaimana mengobati migren?

Pengobatan migren dilakukan dengan dua cara yaitu tanpa obat dan dengan obat.

Pengobatan migren tanpa obat.

Pengobatan tanpa obat biasanya dilakukan untuk meringankan gejala migren dan untuk pencegahan. Relaksasi dipercaya mampu mencegah timbulnya serangan migren bila dilakukan saat gejala pendahuluan. Jika memungkinkan, tidur merupakan obat yang paling mujarab. Untuk mencegah timbulnya migren, pasien dapat dimotivasi untuk mengubah pola hidup yang selama ini dicurigai dapat mencetuskan timbulnya migren. Hal ini termasuk menghentikan kebiasaan merokok, menghindari makanan yang banyak mengandung tiramin seperti keju, hindari pula makanan yang mengandung nitrat tinggi seperti kacang kacangan. Selain itu harus segera melakukan apa yang disebut pola hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi, minum yang cukup, tidur yang cukup, dan olah raga yang teratur.

Pengobatan migren dengan obat.

Penderita migren yang ketika serangan terjadi tidak terlalu mempengaruhi aktifitasnya sehari hari cukup diberikan obat penghilang nyeri (analgetik) yang banyak dijual di warung warung. Walaupun demikian, penggunaan obat ini harus selalu memperhatikan aturan pakai yang tertera di bungkus obat tersebut guna mencegah hal hal yang tidak diingini.

Terdapat dua golongan obat analgetik yang umum digunakan yaitu Acetaminophen (Paracetamol) dan NSAID atau Non-Steroidal Anti-Inflammatory Drugs. Obat NSAID dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu aspirin dan non-aspirin. Yang termasuk ke dalam golongan NSAID non-aspirin antara lain ibuprofen dan naproxen. Beberapa jenis dari obat NSAID ini dapat diperoleh dengan menggunakan resep dokter. Selain untuk migren, obat NSAID juga digunakan untuk mengobati radang sendi, radang tendon dan lain lain.

Acetaminophen atau paracetamol bekerja di pusat nyeri otak untuk mengurangi rasa nyeri dan demam. Acetaminophen mempunyai efek samping yang sangat minim terutama pada lambung bila dibandingkan dengan obat NSAID. Meskipun demikian, bila digunakan secara serampangan dan melebihi dosis yang dianjurkan, acetaminophen dapat menyebabkan kerusakan hati yang lumayan berat. Pada pasien yang suka minum alkohol, acetaminophen dapat menyebabkan kerusakan hati walau diberikan pada dosis yang rendah. Kesimpulannya, selalulah membaca aturan pakai obat yang tertera di label obat untuk mencegah keracunan atau kelebihan dosis.

Obat NSAID mengurangi nyeri dengan cara mengobati reaksi inflamasi yang menyebabkan terjadinya nyeri. Obat ini disebut non steroid karena memang berbeda dari obat steroid walaupun sama sama mempunyai efek mencegah terjadinya reaksi inflamasi. Obat obat yang termasuk ke dalam golongan steroid (kortikosteroid) tidak dipergunakan karena mempunyai efek samping yang kurang bagus bila digunakan dalam jangka waktu yang lama. Efek samping ini tidak ditemukan pada obat NSAID.

Untuk mengobati sakit kepala, beberapa dokter menggunakan kombinasi antara aspirin, acetaminophen, dan kafein. Ketiga obat ini mempunyai efek sinergis untuk meringankan gejala sakit kepala.

Guna mendapatkan obat yang pas, terkadang dokter melakukan proses apa yang dinamakan trial and error. Hal ini disebabkan oleh karena sangat bervariasinya respon individu terhadap jenis obat yang diberikan. Banyak faktor yang mempengaruhi respon ini, nanti akan saya bahas di artikel yang lain.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan analgetik :

  • Untuk mengobati sakit kepala pada anak anak dan remaja, hindari pemberian aspirin sebab ditakutkan bisa terjadi Sindroma Reye, suatu kelainan neurologis berupa kesadaran menurun yang dapat menyebabkan kematian.
  • Hindari pemberian aspirin pada pasien dengan gangguan keseimbangan dan gangguan lain pada telinga, karena aspirin dapat memperburuk keadaan.
  • Pasien yang sedang menjalani pengobatan dengan obat pengencer darah seperti warfarin, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi NSAID tanpa pengawasan dokter sebab pasien ini mempunyai resiko perdarahan.
  • Obat NSAID juga tidak boleh diberikan pada pasien dengan gejala maag atau gangguan lambung sebab NSAID akan memperparah keadaanya.
  • Hindari pemberian obat NSAID pada pasien dengan penyakit hati sebab obat NSAID akan menganggu pula fungsi ginjalnya. Bila fungsi ginjal terganggu maka akan menambah kerusakan hati yang terjadi.

Apa obat untuk migren yang berat?

Bila pengobatan dengan obat obat analgetik diatas gagal maka dapat disimpulkan pasien menderita suatu migren yang berat. Pengobatan migren berat tidak bisa hanya mengandalkan penggunaan analgetik, perlu dilakukan pengobatan terhadap hal hal yang menjadi penyebab terjadinya migren seperti memperbaiki fungsi dari arteri temporal. Beberapa obat yang termasuk golongan ini yaitu tripans dan ergotamine.

Adakah obat lain untuk mengobati migren?

Beberapa dokter ada yang menggunakan narkotika dan obat obatan psikotropika untuk mengobati migren, namun pengobatan ini tidak dianjurkan untuk dilakukan secara rutin karena menimbulkan efek samping berupa ketergantungan. Pengobatan ini digunakan bila penggunaan obat-obatan anti migren seperti yang telah dibahas pada bagian sebelumnya tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan. Penggunaan obat ini dilarang keras pada penderita yang sedang hamil serta pasien yang mempunyai resiko penyakit jantung dan stroke.

Bagaimana mencegah terjadinya migren?

Ada dua cara untuk mencegah timbulnya migren : 1. Hindari faktor pencetus timbulnya migren. 2. Memberikan obat pencegahan sebelum timbulnya sakit kepala. Tidak ada satupun dari cara ini yang benar benar 100% efektif, tetapi sedikit banyak akan mampu untuk mengurangi frekuensi timbulnya migren.

Apa saja pencetus migren?

Pencetus migren adalah faktor faktor yang secara individual dapat mencetuskan terjadinya migren. Sayangnya hanya beberapa saja dari penderita migren yang dapat mengidentifikasi faktor pencetus terjadinya migren. Beberapa contoh faktor pencetus migren adalah, stress, gangguan tidur, puasa, hormonal, cahaya berkedip dan sangat terang, wangi wangian, merokok, alkohol, keju basi, cokelat, penyedap masakan, asam asaman, pemanis buatan, dan kafein. Pada wanita, penurunan kadar hormon estrogen dalam darah saat menstruasi juga bisa sebagai faktor pencetus migren. Rentang waktu antara masuknya faktor pencetus sampai timbulnya gejala migren yaitu antara sejaman sampai dua harian.

Tidur dan migren

Gangguan mekanisme tidur seperti tidur terlalu lama, kurang tidur, sering terjaga tengah malam, sangat erat hubungannya dengan migren dan sakit kepala tegang, sehingga perbaikan dari mekanisme tidur ini akan sangat membantu untuk mengurangi frekuensi timbulnya migren. Tidur yang baik juga dilaporkan dapat memperpendek durasi serangan migren.

Puasa dan migren

Puasa dapat mencetuskan terjadinya migren oleh karena saat puasa terjadi pelepasan hormon yang berhubungan dengan stress dan penurunan kadar gula darah. Hal ini menyebabkan penderita migren tidak dianjurkan untuk berpuasa dalam jangka waktu yang lama.

Cahaya terang dan migren

Cahaya yang terlalu terang dan intensitas perangsangan visual yang terlalu tinggi akan menyebabkan sakit kepala pada manusia normal. Mekanisme ini juga berlaku untuk penderita migren yang memiliki kepekaan cahaya yang lebih tinggi daripada manusia normal. Sinar matahari, televisi dan lampu disko dilaporkan sebagai sumber cahaya yang menjadi faktor pencetus migren.

Kafein dan migren

Kafein terkandung dalam banyak produk makanan seperti minuman ringan, teh, cokelat, dan kopi. Kafein dalam jumlah sedikit akan meningkatkan kewaspadaan dan tenaga, namun bila diminum dalam dosis yang tinggi akan menyebabkan gangguan tidur, lekas marah, cemas dan sakit kepala.

Cokelat, anggur, tiramin, MSG, aspartam dan migren

Cokelat dilaporkan sebagai salah satu penyebab terjadinya migren, namun hal ini dibantah oleh beberapa studi lainnya yang mengatakan tidak ada hubungan antara cokelat dan sakit kepala migren. Anggur merah dipercaya sebagai pencetus terjadinya migren, namun belum ada cukup bukti yang mengatakan bahwa anggur putih juga bisa menyebabkan migren. Tiramin (bahan kimia yang terdapat dalam keju, anggur, bir, sosis, dan acar) dapat mencetuskan terjadinya migren, tetapi tidak terdapat bukti jika mengkonsumsi tiramin dalam jumlah kecil akan menurunkan frekuensi serangan migren. Penyedap masakan atau MSG dilaporkan dapat menyebabkan sakit kepala, kemerahan pada wajah, berkeringat dan berdebar debar jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar pada saat perut kosong. Fenomena ini biasa disebut Chinese restaurant syndrome. Aspartam atau pemanis buatan yang banyak dijumpai pada minuman diet dan makanan ringan, dapat menjadi pencetus migren bila dimakan dalam jumlah besar dan jangka waktu yang lama.

Hormon kewanitaan dan migren

Beberapa wanita yang menderita migren merasakan frekuensi serangan akan meningkat saat masa menstruasi. Bahkan ada diantaranya yang hanya merasakan serangan migren pada saat menstruasi. Istilah ‘menstrual migraine’ sering digunakan untuk menyebut migren yang terjadi pada wanita saat dua hari sebelum menstruasi dan sehari setelahnya. Penurunan kadar estrogen dalam darah menjadi biang keladi terjadinya migren.

Apa yang harus dilakukan penderita migren?

Individu yang menderita migren ringan dan jarang kambuh cukup meminum obat analgetik biasa. Sedangkan individu yang sering mengalami migren berat dan respon terhadap obat obatan juga rendah maka individu tersebut harus menghindari faktor pencetus dari migrennya dan memantapkan diri untuk mengubah gaya hidup.

Perubahan gaya hidup untuk penderita migren antara lain :

  • Berangkat tidur dan bangun pagi pada waktu yang sama tiap hari.
  • Olah raga teratur. Buatlah komitmen untuk selalu berolah raga baik saat santai maupun saat sibuk bekerja di kantor. Olah raga dapat memperbaiki kualitas tidur dan menurunkan frekuensi migren. Lakukan peningkatan olah raga secara bertahap. Olah raga yang terlalu keras sehingga tubuh kelelahan justru akan memicu terjadinya sakit kepala migren.
  • Jangan menunda makan dan hindari puasa yang lama.
  • Kurangi stress dengan teknik relaksasi.
  • Batasi konsumsi kafein.
  • Hindari cahaya terang dan berkedip. Gunakan kacamata hitam saat berada dibawah sinar matahari

Disadur dari www.blogdokter.net