15 November 2010

Vampire Diaries: Film dan Novelnya

Setelah dibaca, ada beberapa hal yang berbeda antara novel dengan film serinya (entah memang dihilangkan atau belum muncul). Perbedaan dengan alur ceritanya adalah nama (nama depan tokohnya sama, tapi nama keluarganya yang beda). Misalnya Tyler Lockwood , di bukunya ditulis Tyler Smallwood. Perbedaan lain adalah Caroline Forbes, di serial dia termasuk geng-nya Elena, tapi di bukunya adalah mantan temen yang jadi musuh Elena. Temen deket Elena tidak hanya Bonnie, tapi ada juga Meredith. Adik Elena di bukunya adalah perempuan dan amanya Margareth (4 tahun), sementara di filmnya adalah laki-laki bernama Jeremy (15 tahun). Perbedaan lain versi novel dan film serialnya adalah asal Stefan dan Damon. Di film serial, kakak beradik ini memang leluhur Mystic Falls, sementara di bukunya, mereka berasal dari Florence Italia. Nama keluarganya sendiri bukan Salvatore, Salvatore ini dipakai oleh Stefan untuk mengganti nama keluarganya setelah dia jadi vampire dan mengangap dirinyalah yang membunuh Katherine (wanita yang diperebutkan karena mereka saling mencintai oleh kakak beradik ini). Salvatore dalam bahasa Inggris berasal dari kata Salvation, artinya penyelamatan. Maksudnya, selamat dari dosa. Stefan, Katherine, dan Damon menjadi vampire sejak abad 15. Sejak kematian Katherine, Stefan selalu bersembunyi menghindari Damon yang masih marah karena kematian Katherine.

dari psyliterarture.wordpress.com dengan perubahan.

Versi lain dari sampul filmnya terbitan luar negeri.
dari www.mobileddl.com

Dari judulnya sudah bisa terbayang jalan ceritanya. Konflik yang dialami para tokoh mulai menanjak. Awal cerita dikisahkan bagaimana Elena mencari Stefan dibantu teman-temannya, Bonnie, Meredith, dan Matt menggunakan beragam cara. Dari mulai mencari ke boarding house (tempat tinggal Stefan, bukan Salvatore’s Manor seperti di film) melakukan upacara mistis dengan Bonnie yang keturunan penyihir hingga mencari di kuburan dan rumah-rumah tua zaman civil war tahun 1800-an. Elena sempat menemui Damon dan Damon mengatakan kalau Stefan sudah meninggal. Kemiripan Elena dengan Katherine membuat Damon ingin memiliki Elena, Damon ingin menjadikan Elena vampire dan pasangannya.

Disini diketahui bahwa kekuatan vampire tidak hanya sebatas mind control saja tapi kalo udah jagoan (udah lama jadi vampire dan banyak minum darah orang) kekuatan atau “the Power” ini bisa juga mengatur cuaca. Kemampuan lain adalah vampire bisa berubah wujud menjadi binatang, tapi tidak semua jenis hanya beberapa saja. Misalnya Stefan pada the fury bisa berubah menjadi seekor elang.

Singkat cerita akhirnya Stefan ditemukan dalam keadaan mengenaskan. Bukti kuat menunjukkan kalau Stefan menghilang karena rivalry dengan Damon, tapi Damon tidak mengakuinya. Sementara di Fell’s Church semakin sering muncul kejadian2 aneh. Tyler Lockwood yg punya dendam pribadi dengan Stefan berusaha mengarahkan bukti bahwa apa yang terjadi di Fell’s Church gara2 Stefan. Konfliknya semakin meningkat sampai akhirnya Elena yang putus asa berlari ke boardinghouse, disana ia dikejar-kejar “sesuatu” sampai akhirnya di tenggelam dan….mati di tangan Stefan. Stefan kalap dan mencari Damon, ia yakin apa yang terjadi pada Elena adalah kesalahan Damon. Stefan pun batal puasa minum darah manusia… akhir ceritanya adalah Stefan dan Damon berantem karena Elena meninggal.

dari psyliterarture.wordpress.com dan cerita-utama.serambi.co.id


Versi lain dari sampul film dan novelnya terbitan luar negeri dengan judul yang sama.
dari simania.co.il dan www.usedbooks.co.nz

Novel pertama dari rangkaian yang panjang, the awakening memperkenalkan kita dengan karakter tokoh2nya dan relasi antar tokoh. The vampire diary ini menceritakan kehidupan Elena Gilbert melalui penulisan diary dia. Bagaimana seorang perempuan superstar sekolah, an all American girl, the blond popular, beautiful dan wealthy family hidup bersama teman-temanya. Tapi Elena yang tampak sangat percaya diri ini, butuh perjuangan tiap hari saat ke sekolah. Kehilangan orang tua membuatnya ada yang kurang dengan hidupnya. Jadi ia hamper selalu memakai “topeng” agar ia terlihat kuat.

Karena ia seorang superstar, tak jarang Elena Gilbert sering gonta-ganti pacar, begitupun temannya Bonnie McCullough dan Meredith. Di ceritakan Elena baru saja putus dari Matt dan Elena langsung tertarik dengan siswa baru di sekolahnya, Stefan. Stefan yang di gambarkan drop dead gorgeous dan berpakaian “ber-merk” tentu bukan hanya Elena yang tertarik, tapi ada juga Caroline Forbes yang dulu pernah jadi teman Elena tapi sekarang sudah berubah jadi rivalnya.

Di awali dengan rasa penasaran karena Stefan selalu menjauh darinya tapi menerima kehadiran Caroline, Elena terus berusaha mengejar Stefan dengan niat ingin jadi pacarnya hingga sampai titik Elena hanya ingin tahu kenapa Stefan menghindarinya a.k.a hopeless. Percintaan ini diiringi misteri-misteri pembunuhan serta kasus penyerangan terhadap warga Fells Church, Vicki Bennet.

Cerita Stefan- Elena ini berlanjut sampai akhirnya Stefan ke gap sedang melakukan ritualnya, memangsa hewan (he’s a vampire on a diet). Dari situ Stefan baru membuka diri pada Elena bahwa ia adalah vampire. Stefan bercerita bagaimana ia menjadi vampire, tentang cinta segitiganya dengan Katherine dan kakaknya Damon.

The awakening berakhir saat Stefan menghilang setelah pembunuhan Mr. Tanner terjadi. Dari pembunuhan-pembunuhan yang terjadi, Stefan menjadi tersangka utama karena korbannya kehabisan darah. Tyler Lockwood yang pernah dihajar Stefan membuat plot (ngarang2 gitu) agar Stefan menjadi tersangka dan diusir dari kota Fells Church. Elena yang ditinggal tanpa kabar (karna saat ini ditulis penggunaan handphone belum marak seperti sekarang) terus mencari Stefan.

dari psyliterarture.wordpress.com dan www.kutukutubuku.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar